Selasa, 10 Maret 2009

cara menghindari virus

virus pada computer anda dapat membahayakan computer anda,virus pada dasarnya sama seperti

sebuah program, komputer lainnya seperti paint,notepad,wordpad dan program berbasiskan windows lainnya. Namun program virus dibuat dengan tujuan berbeda, yaitu merusak sistem komputer.

cara kerja Virus Pertama adalah manipulasi. walaupun virus adalah sebuah program, tetapi dia bisa menyamarkan dirinya menjadi dokumen word , file audio, file video atau dalam bentuk apapun untuk menipu pengguna awam komputer sehingga tertarik untuk “meng-click” dan mengaktifkan virus tersebut.

  1. Setelah virus aktif, dia akan “berjalan-jalan” di dalam memory komputer , di sini dia akan bertempat tinggal di komputer dengan cara mengubah registry windows dan semua sistem start-up windows setiap kali komputer anda nyalakan, virus ini dapat “terbangun” dan aktif kembali.

dan di sini layaknya mahluk hidup virus akan berkembang biak karna virusmenggandakan dirinya sebanyak mungkin ke dalam komputer dan berbagai media (internet,disket,flash disk,dsb) dengan menginfeksi file-file yang menjadi sasarannya.Biasanya file yang menjadi sasaran adalah file-file buatan Microsoft Office (word,excel,power point,dsb) dan beberapa file multimedia (seperti mp3 atau wma) , kemudian file tersebut akan berubah menjadi virus setelah terinfeksi.

Lalu tugas terakhir virus adalah mengacaukan dan merusak sistem komputer, gejala-gejala yang biasa timbul adalah sistem operasi windows anda berjalan sangat lambat (seperti orang sakit) , sering restart , sering keluar kotak dialog error, dan sebagainya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati.Apabila anda dapat menghindari virus, dengan membedakan dokumen asli atau berisi virus, file multimedia asli atau berisi virus, maka anda dapat terhindar dari virus ! Namun bila anda tidak suka dengan kerepotan, dan terlalu “sulit” untuk mengerti komputer, belilah program anti-virus dipasaran, lakukan update anti-virus setiap saat dari internet, dan lakukanlah “scanning” sebelum membuka sebuah file, maka anda juga dapat menghindari virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar