Kamis, 05 Maret 2009


CARA PRAKTIS mengatasi Gejala ATAU KERUSSAKAN PADA COMPUTER ANDA,,,,,,,


  • 1.Jika komputer mati (tidak ada reaksi apa-apa saat menekan tombol power), maka yang perlu dilakukan adalah :1. Cek untuk memastikan kabel power sudah terpasang.2. Jika ada UPS dengan soft power switch, tekan switch untuk menghidupkan UPS.3. Perikasa power switch belakang di power supply apa ada.
    4. Cek voltage switch di power supply. Jangan mencoba menghidupkan komputer jika voltage switch tidak terpasang dengan benar.5. Cek koneki dalam komputer.6. Cek power switch komputer untuk memastikan switch ini tidak rusak.Jika mesin nyala tapi tidak Boot dengan benar atau sama sekali2.BOOT ERROR MESSAGESYang harus dilakukan adalah cek dan atau coba :
  • 1. Lepas removable disk yang ada dari drive dan restart.
  • 2. Gunakan POST card.
  • 3. Jalankan diagnotic utility.
  • 4. Cek BIOS pada boot order
  • .5. Khusus Windows 2000/XP, jika konfigurasi hardware beubah, boot dengan boot disk. File boot ini mungkin perlu diedit.3.Jika OS tidak ada cek dan atau coba :1. Periksa boot order di BIOS.2. Hard drive mungkin rusak. Tes dengan diagnotic utility, hard drive utility, FDISK, Partition Magic Drive Information, Disk Management pada komputer 2000 atau XP yang terpisah atau menggunakan hard drive tester basis hardware.4.Jika komputer terkunci saat booting.1. Cek BIOS apakah Plug and Play dienabled.2. Driver mungkin tidak kompatibel dengan OS, khususnya 2000/XP. Boot dan masuk Safe Mode lalu cek Device Manager, atau gunakan konfigurasi Last Known Good atau System Restorasi.3. Hardware device mungkin tidak berfungsi. Cek dengan POST card atau diagnotic utility, atau lepas semua peripheral dan sesekali gantilah.5.Jika komputer boot langsung masuk Safe Mode.1. Cobalah boot dan masuk ke Normal Mode. Ini mungkin berhasil.2. Setelah boot ke Safe Mode, cek Device Manager barangkali ada masalah hardware dan konflik recource.3. Gunakan POST card.4. Jalankan diagnotic utility.6.Jika Windows tidak shut down dengan benar, cek dan atau coba ;1. Instal Windows update.2. Cari Microsoft Knowledge Base untuk masalah shutdown, lebih khususnya pada versi Windows yang anda pakai.7.Jika komputer jalannya payah, mungkin terkunci, cara menampilkan error message :1. Scan komputer akan adanya virus dan malware.2. Cek suhu, performa fan, dan sudahkah heat sink bertengger di CPU dengan bena.3. Jalankan System File Checker.4. Jalankan pembersih registry.5. Gunakan diagnotic utility.6. Jalankan 2000 emergency repair process atau reinstal yang ada.7. Anda mungkin pakai Windows Me. Back up dan lakukan clean install dengan Windows XP.8.Jika Windows tidak mau diinstal, cek dan atau coba :1. Pastikan recource komputer melebihkan recource yang dibutuhkan Windows.2. Temukan error message.3. Tes hard drive. Gunakan utility dani manufacturer hard drive untuk mensetup drive.4. Jalankan EZ BIOS untuk melihat apakah BIOS ini terinstal, jika ya, cobalah uninstal.......

  • SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar